Sekilas...

Pengadilan Agama Takalar adalah salah satu badan peradilan dibawah Pengadilan Tinggi Agama Makassar, terletak di Kabupaten Takalar yang dberi kekuasaan oleh negara dalam menerima, memeriksa, mengadili, memutuskan, dan menyelesaikan perkara-perkara perkawinan, kewarisan, wasiat, hibah, wakaf, dan shodaqah serta ekonomi syari'ah.Terbentuknya Pengadilan Agama Takalar didasarkan oleh Peraturan Pemerintah nomor 45 tahun 1957 tentang Pembentukan Pengadilan Agama Mahkamah Syariah diluar Jawa-Madura yang ditetapkan di Jakarta tanggal 5 Oktober 1957yang terdapat pada lembaran Negara Nomor 99.

Selengkapnya.....

Video Gugatan Sederhana

E-Court

 

Pada hari senin, tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Ruang Sian Utama pengadilan Agama Takalar, Seluruh pegawai pengadilan Agama Takalar diimbau untuk “Nobar” atau nonton bareng acara peresmian operasional 85 Pengadilan Baru.  Hal ini sebagai tindaklanjut dari  surat edaran Sekretaris mahkamah Agung  No. 9 Tahun 2018 Tentanfg Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru.

Acara Nobar ini diikuti oleh Ketua,  Hakim, Sekretaris, Pejabat Fungsional dan Struktural  serta staf dan honorer Pengadilan  Agama Takalar yang tidak sedang bersidang atau melayani masyarakat Pencari keadilan.

Urutan acara Peresmian tersebut diawali dengan sambutan dari Bupati Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip. Dilanjutkan dengan sambutan dan laporan dari Sekretaris Mahkamah Agung RI, A.S. Pudjoharsoyo. Kemudian sambutan dari Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE., acara terakhir adalah sambutan dan sekaligus peresmian operasional dari 85 pengadilan baru, oleh Yang  Mulia  Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. Hatta Ali.

Dalam sambutannya, baik Bupati Talaud dan Gubernur Propinsi Sumatera Utara, menyatakan terimakasihnya, atas dibukanya pengadilan di Talaud tersebut, karena sebelumnya, masyarakat pencari keadilan harus naik perahu pagi dan sore hari untuk pulang pergi dari Talaud ke Tahuna. Kemudian dilanjut dengan sambutannya Ketua Mahkamah Agung yang juga mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara, atas kerjasamanya sehingga acara peresmian ini dapat terlaksana. Yang Mulia Prof. Dr. Hatta Ali juga menegaskan, dengan dibentuk dan diresmikannya 85 pengadilan baru ini merupakan salah satu dari misi Mahkamah Agung untuk dapat menghadirkan keadilan sampai dengan wilayah terluar di seluruh penjuru Indonesia. Selanjutnya  Beliau  mengajak semua hadirin yang hadir untuk menjadikan momen peresmian ini sebagai momen pemerataan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Acara terakhir, peresmian operasional pengadilan baru secara simbolis dengan ditandatanganinya piagam serta pemencetan tombol yang dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung RI, didampingi oleh Wakil Ketua MARI Bidang Yudisial, Wakil Ketua MARI Bidang Non Yudisial, Sekretaris MARI, serta Gubernur Propinsi Sulawesi dan Bupati Kepulauan Talaud.

 

Ketua

  • ketua-takalr-ahmad-rifai.jpg

Waktu Pelayanan

JAM KERJA
SENIN - KAMIS JUM'AT
08.00 - 16.30 08.00 - 17.00
JAM ISTIRAHAT
SENIN - KAMIS JUM'AT
12.00 - 13.00 11.30 - 13.00
JADWAL SIDANG
SELASA - KAMIS
09.00 - SELESAI

 

263381
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
178
213
690
258991
4631
7688
263381

Your IP: 54.227.186.112
2018-12-11 18:31

Flag Counter

Laporan