SIPP

Dengan Sistem Informasi Penulusuran Perkara atau SIPP, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan Informasi suatu perkara

e-Court

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik

WHISTLEBLOWING

SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.

Shadow
Slider
Selamat datang di website resmi Pengadilan Agama Takalar #Waspada terhadap segala tindak penipuan yang mengatasnamakan Pejabat Pengadilan Agama Takalar

Coffe Morning Menjadi Forum Evaluasi Kinerja Kantor dan Reminder Tujuan Bersama

. Posted in Berita Hits: 111

Mengawali hari kerja pertama pada minggu keempat bulan Juli 2020, Ketua Pengadilan Agama Takalar bersama-sama dengan Wakil dan para Hakim melangsungkan rapat yang dibingkai dalam konsep coffe morning di ruang Ketua Pengadilan Agama Takalar. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah apel senin pagi selesai dilaksanakan di depan halaman kantor pengadilan Agama Takalar. Kegiatan apel senin pagi selain sebagai rutinitas juga menjadi piranti konsolidasi semua aparatur Pengadilan Agama Takalar dengan kembali mengingat bersama tentang tujuan besar Kantor.

Dalam perbincangan coffe morning tersebut yang berlangsung secara dua arah tersebut, Ketua Pengadilan Agama Takalar Adhayani Saleng Pagesongan, S.Ag menekankan bahwa seluruh jajaran Hakim beserta para aparatur pengadilan Agama Takalar adalah organ yang saling kait mengkait, dan satu kesatuan sistem. Prestasi atau kejelekan tentang kantor berarti adalah prestasi atau kejelakan semua aparatur Pengadilan Agama Takalar dan bukan hanya milik pimpinan.

Beberapa hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut diantaranya adalah tindak lanjut rencana pengembangan inovasi Pengadilan Agama Takalar, evaluasi dan update data pada Website Pengadilan Agama Takalar sebagai medium yang meghubungkan masyarakat dengan pelayanan peradilan serta peningkatan kinerja penyelesaian perkara. Evaluasi dan perbaikan pada website Pengadilan Agama Takalar diantaranya yaitu pemenuhan ketersediaan informasi yang wajib diumumkan secara berkala oleh Pengadilan sesuai dengan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Diantara informasi yang wajib diumumkan secara berkala tersebut yaitu di bidang kepaniteraan adalah prosedur beracara untuk setiap jenis perkara yamg menjadi kewenangan pengadilan, biaya perkara dan hak-hak masyarakat seperti hak mendapatkan bantuan hukum dan hak atas pembebasan biaya, sementara di bidang kesekretariatan diantaranya adalah informasi tentang Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA), laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) serta rencana dan laporaan realisasi anggaran dan lain-lainnya.

Khusus mengenai peningkatan kinerja penyelesaian perkara Ketua Pengadilan Agama Takalar menyampaikan bahwa harus ada keseimbangan antara jumlah Sumber Daya Manusia di Pengadilan Agama Takalar dengan efektivitas serta efisiensi penyelesaian perkara, sehingga semua tenaga yang tersedia dapat bekerja dan berdaya guna bagi peningkatan penyelesaian perkara.

Sebagai penyelenggara layanan publik di bidang peradilan, tentu kinerja Pengadilan Agama Takalar diukur dari bagaimana penyelesaian perkara yang diperiksa dan diadili sebagai bussines corenya dapat dilaksanakan sesuai dengan hukum acara yang berlaku secara efektif dan efisien. Hal tersebut hanya dapat terwujud apabila semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian perkara telah melaksanakan tugasnya masing-masing secara konsisten.

Sebelum Coffe break berakhir, Ketua dan Wakil Ketua mengucapkan terimakasih atas kinerja yang telah diberikan dan berharap bahwa ke depan dapat meningkatkan lagi kinerja penyelesaian perkara sesuai hukum acara secara efektif dan efisien serta menekankan bahwa aspek kekompakan dan kesamaan tujuan dengan seluruh aparatur Pengadilan Agama Takalar adalah kunci mencapai tujuan bersama.