WHISTLEBLOWING

SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.

SIPP

Dengan Sistem Informasi Penulusuran Perkara atau SIPP, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan Informasi suatu perkara

e-Court

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik

Shadow
Slider
Selamat datang di website resmi Pengadilan Agama Takalar #Waspada terhadap segala tindak penipuan yang mengatasnamakan Pejabat Pengadilan Agama Takalar

PELEPASAN MAHASISWA PPL UIN ALAUDDIN MAKASSAR

. Posted in Berita Hits: 86

Takalar, 26 agustus 2019

Lima belas orang mahasiswa fakultas syariah UIN Alauddin Makassar akhirnya menyelesaikan tugas Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) Profesi Hukum yang dilaksanakan selama sebulan di Pengadilan Agama Takalar sejak tanggal 23 Juli 2019 sampai dengan 23 Agustus 2019.

Acara pelepasan ini sendiri selain dihadiri oleh 15 orang mahasiswa fakultas syarian UIN Alauddin, juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Takalar Adhayani Saleng Pagesongan, S.Ag, wakil ketua Pengadilan Agama Takalar Dodi Yudistira, S.Ag., M.H., panitera Rais Naim, S.H., S.Ag, dan dosen pembimbing Drs. H. Mahyuddin Latukonsina, S.H., M.A.

uin8

Nurhikmah Jafar, salah seorang mahasiswa peserta PPL yang bertindak sebagai pembawa acara memandu acara dengan baik, dan acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ashari Abdullah. Mahasiswa jurusan perbandingan madzhab dan hukum ini membacakan surat alkahfi ayat 1 – 10.

Selesai pembacaan ayat suci alquran, Nurhikmah Jafar yang bercita-cita menjadi advokat terkenal ini kemudian menyampaikan bahwa acara dilanjutkan pada kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa PPL, dan ketua kelompok PPL Muh. Ansar Aziz maju kedepan menyampaikan kesan-kesannya selama melaksanakan PPL di Pengadilan Agama Takalar. Mahasiswa jurusan Hukum Ekononi Syariah ini menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhinga kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama Takalar yang telah memberi tempat kepada mahasiswa untuk melaksanakan PPL dan telah mendapatkan bimbingan selama melaksanakan PPL. Kesan yang mendalam disampaikan pria lajang asal Gowa ini terhadap keramahtamahan dan rasa kekeluargaan seluruh pegawai Pengadilan Agama Takalar yang mau menerima, berbagi ilmu dan pengalaman dengan para mahasiswa, ia pun berpesan agara Pengadilan Agama Takalar tetap berkenan menerima para mahasiswa PPL dari UIN Alauddin di masa-masa mendatang.

Selanjutnya dalam sambutannya dosen pembimbing PPL Drs H. Mahyudin Latukonsina, S.H.M.A. menyampaikan salam dari rektor UIN Alauddin Makassar dan dari Dekan Fakultas Syariah UIN Alauddin Makassar kepada segenap keluarga besar Pengadilan Agama Takalar, dan mengucapkan terimakasih atas bimbingan seluruh karyawan/karyawati Pengadilan Agama Takalar kepada mahasiswa PPL tahun ini. Lebih lanjut dosen senior ini juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pengadilan Agama Takalar yang telah melibatkan mahasiswa PPL dalam setiap kegiatan termasuk kegiatan perayaan hari kemerdekaan RI 17 Agustus yang lalu, dan harapannya ada dari mahasiswa yang dapat melakukan penelitian untuk tugas akhir penyusunan skripsinya di Pengadilan Agama Takalar. 

MC manis asal Gowa kemudian menyampaikan bahwa acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Takalar sekaligus melepas mahasiswa PPL UIN Alauddin Makassar. Dalam sambutannya Adhayani Saleng Pagesongan S.Ag menyampaikan permohonan maaf apabila selama melaksanakan PPL para  mahasiswa kurang mendapat bimbingan yang maksimal, dan berharap semoga dengan waktu yang hanya satu bulan melaksanakan PPL mahasiswa dapat mengambil banyak hal baik di Pengadilan Agama Takalar yang dapat berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan keilmuannya.

uin2

Setelah sambutan selesai, kemudian acara dilanjutkan pada penyerahan cinderamata dari mahasiswa untuk kantor Pengadilan Agama Takalar yang diserahkan oleh Dosen pembimbing Drs. H. Mahyuddin Latukonsina, S.H., MA kepada Ketua Pengadilan Agama Takalar Adhayani Saleng Pagesongan, S.Ag, dan kenang-kenangan untuk Ketua Pengadilan Agama Takalar yang diserahkan oleh Muh. Ansar Aziz, serta penyerahan kenang-kenangan untuk hakim pembimbing  PPL yang diserahkan oleh Fadyah Aqsari Yusri kepada Wakil Ketua Pengadilan Agama Takalar Dodi Yudistira, S.Ag. M.H. acara kemudian dilanjutkan pada penyerahan sertifikat PPL kepada mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan ditutup. Seusai acara pelepasan, para Mahasiswa PPL mengundang seluruh pegawai Pengadilan Agama Takalar untuk makan bersama di halaman belakang kantor. (DY)

uin 1

 

uin 3

 uin6